Jumat, 12 Juli 2024

KONI Beri Teguran Cabor yang Jadi “Koboi”, Akademisi: Pemkot Ternate Panik

Aksi Satpol PP dan preman bayaran yang menghadang massa aksi di Ternate (tangkapan layar/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Aksi “preman bayaran” saat demo OKP Cipayung, Kamis 26 Oktober di depan Kantor Wali Kota Ternate mengundang pertanyaan besar. Padahal itu hanya aksi evaluasi kinerja M Tauhid Soleman sebagai Wali Kota Ternate.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, oknum tersebut adalah Ketua Pertina Kota Ternate, Hamka Midun.

Saat aksi OKP Cipayung, Hamka terekam dalam video tengah menghadang massa aksi, bahkan memukul dan menampar beberapa pendemo.

Ketua KONI Ternate Muhammad Ghifari Bopeng saat ditemui Kaidah Malut, Sabtu 28 Oktober 2023 membenarkan keterlibatan ketua cabor tinju tersebut.

Meski Hamka tercatat sebagai Ketua Pertina, tetapi keterlibatannya di aksi tanpa sepengetahuan KONI dan tidak ada kaitanya dengan organisasi.

“Ia benar itu Hamka Midun bahkan dia (Hamka) tercatat sebagai Ketua Pertina. Tapi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan KONI. Yah tetap saja jabatan itu melekat, jadi saya juga menyayangkan hal tersebut,” ungkap Ghifari.

Ketua Garda NasDem itu bilang, Hamka dan beberapa anggota Pertina memang pernah berada pada tim Garda Tajam, yang saat itu khusus mendampingi Tauhid Soleman saat Pilwako lalu.

“Hamka dan beberapa orang di Pertina yang sekarang itu, pernah tergabung dalam Garda Tajam. Saat itu mereka mengawal pak Tauhid. Hanya saja ya itu, lagi-lagi publik tetap tahunya Hamka Ketua Pertina yang ada di bawah naungan KONI Ternate,” terangnya.