Jumat, 12 Juli 2024

FTJ 2023, Wizz Baker dan Fresly Nikijuluw Bakal “Hipnotis” Warga

Fenny Kiat (Istimewa/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat bakal menggelar Festival Teluk Jailolo (FTJ) pada 07 hingga 10 Juni 2023.

Sejumlah kegiatan pun sudah siap dan akan dimulai 01 Juni mendatang.

“Jadi yang dimulai 01 Juni itu seperti bola voli, tanggal 4 bisbol, tanggal 5 itu FTJ Idol sama lomba tari kreasi berbasis budaya,” kata Fenny Kiat, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga ketika dikonfirmasi usai rapat koordinasi dan penetapan pelaksanaan FTJ di Aula Baikole, Senin, 22 Mei 2023.

FTJ tahun ini juga menyajikan turnamen Mobile Legends sebagai acara pendukung. Menurut Fenny, e-sport atau olahraga elektronik itu dimasukkan sebagai acara pendukung, lantaran digandrungi anak-anak muda dan sudah masuk dalam salah satu cabang olahraga resmi di Indonesia.

“Ingat, kami ini Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga. Dan ada olahraga berbasis pariwisata. Pariwisata itu harus lihat segmen, harus lihat trend yang digandrungi anak muda, yang digandrungi milenial. Itu lagi ramai e-sport. Itu daya tariknya, kalau dalam pariwisata itu disebut pemantik,” jelasnya.

Meski begitu, sambung Fenny, event tahunan ini tetap konsisten dengan tujuan awalnya, yakni promosi budaya lokal sebagai ciri khas FTJ.

“Kita tetap konsisten dengan ritual Sigofi Ngolo, Orom Sasadu dan Tari Kreasi Berbasis Budaya,” sebutnya.

Menurut Fenny, pariwisata diharapkan tak sekadar menggelar event. Tetapi menarik pengunjung dengan target menumbuhkembangkan perputaran ekonomi.

“Menarik orang datang untuk menginap dan belanja, supaya ada perputaran ekonomi. Sehingga masyarakat di sini juga dapat dampak ekonomi. Kalau cuma di internal Halmahera Barat, masyarakat dapat apa?” tuturnya.

Sementara terkait FTJ yang tak masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023, Fenny mengatakan, keputusan tersebut berada di pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kalau menurut saya, mungkin agenda pemerataan. Karena FTJ sudah 5 kali berturut-turut masuk dalan KEN. Tidak ada daerah lain yang seperti itu, cuma FTJ. Jadi mungkin maunya pemerataan, biar daerah lain juga kebagian,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, FTJ tahun ini bakal dimeriahkan penyanyi Wizz Baker dan Fresly Nikijuluw. (*)