Jumat, 24 Mei 2024

Hadiri Sidang Sinode GMIH, Ini Pesan Penting Bupati James Uang

Sidang Sinode Gereja Majelis Injil Halmahera (Foto: Marwan/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Sidang Sinode Gereja Majelis Injil Halmahera (GMIH) tahun 2023 resmi digelar di wilayah pelayanan Jemaat Firdaus Desa Togola Sanger, Halmahera Barat, Rabu, 15 Maret 2023.

Sidang bertema “Aku Adalah yang Awal dan yang Akhir” ini dibuka langsung oleh Ketua Sinode GMIH Maluku Utara Pdt. Demianus Ice.

Dalam kesempatan itu, Bupati Halbar James Uang, menyampaikan
persidangan Majelis Sinode GMIH merupakan amanat konstitusi.

“Hal itu tercantum dalam Peraturan Nomor 1 tentang Sinode, yaitu persidangan para presbiter anggota majelis sinode yang dilaksanakan sekali dalam setahun,” kata James.

Sidang ini bertugas mengevaluasi tugas dan panggilan pelayanan gereja yang diamanatkan oleh persidangan sinode ke-29 periode 2022-2027.

“Tentu saja dalam mengimplementasikan lima grand strategi dalam berbagai program pelayanan, membutuhkan kejelian dalam mengukur kebutuhan dan perkembangan serta tantangan yang diperhadapkan kepada Gereja,” jelasnya.

Ia bilang, kondisi serta masalah-masalah yang diperhadapkan kepada GMIH, maka sebagai gereja kita komitmen dan konsisten dalam melaksanakan panggilan pelayanan baik secara umum maupun khusus.

James menuturkan, GMIH sebagai organisasi terbesar di Maluku Utara, karena itu perlu memiliki komitmen dan integritas untuk berperan dalam berbagai bidang pembangunan.

“Ke depan kita juga diperhadapkan dengan momentum politik nasional, karena itu sebagai gereja kita tentu terus berkomitmen untuk menciptakan suasana yang kondusif dan penuh bersahabat,” cetusnya.

Program keagamaan telah dilaksanakan oleh pemerintah daerahuntuk membangun kehidupan yang harmonis antarumat beragama, serta menciptakan masyarakat yang agamis dan religius.

“Pemerintah Halmahera Barat menerapkan tujuh program Diahi Dalbar, yang salah satunya adalah Halbar religius,” tukasnya. (*)