Jumat, 19 April 2024

72 Desa di Halmahera Barat Ikut Uji Kompetensi

Wabup Halbar saat memberikan sambutan saat uji kompetensi Cakades | Foto : Marwan/Kaidahmalut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Sebanyak 72 Desa di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara mengikuti uji kompetensi di aula Bidadari Kantor Bupati Halbar, Rabu, 06 Juli 2022.

Uji kompetensi ini juga dilakukan, sekaligus seleksi tambahan Cakades.

Wakil Bupati (Wabup), Djufri Muhamad dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tahun 2022 di ikuti 72 Desa. Namun sebelumnya, seluruh bakal calon (Balon) akan di lakukan uji kompetensi dan seleksi tambahan bagi para Cakades.

“Insha Allah ini dilaksanakan dengan baik oleh para Cakades,” kata Djufri.

Djufri berharap, kepada Cakades untuk lebih serius dalam mengikuti dan mengisi semua pertanyaan saat diuji.

“Karena ini menjadi parameter atau indikator bagi mereka yang menjadi calon pemimpin desa ke depan,” ujarnya.

“Saya berharap siapapun yang terpilih jadi Kades, bisa selalu sinkronkan program Pemda dan Pemdes,” harapnya.

Sementara, Kepala DPM-PD, Markus Saleky menambahkan, kegiatan uji kompentensi ini sebagai syarat seleksi tambahan Pilkades serentak, di 72 Desa pada 8 Kecamatan di Halbar.

“Kegiatan uji Kompetensi ini juga dibuka langsung oleh Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhamad dan kegiatan ini berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini sukses seperti yang kita harapkan,” ujarnya.

Markus juga tidak lupa menyampaikan terima kasih, karena uji kompetensi berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Bahkan, kata Max, kegiatan ini juga menentukan hasil para Cakades.

“Yang mengikuti kegiatan uji kompentensi ini, Desa dari 4 Kecamatan. Dan besok sama juga 4 Kecamatan juga, karena kegiatan ini di laksanakan dua hari,” tutupnya Markus.

Sekadar diketahui, kegiatan uji kompetensi dan seleksi tambahan ini dilakukan dua gelombang. Untuk hari ini dari Kecamatan Sahu Timur, Sahu, Jailolo dan Jailolo Selatan.

Sementara untuk gelombang kedua dilanjutkan Kecamatan Ibu, Ibu Selatan Tabaru dan Loloda dan itu dipusatkan di Ibu. Sedangkan jumlah penguji ada lima orang yang bakal menguji Cakades.*