Jumat, 12 Juli 2024

Kepengurusan PII Cabang Halbar Resmi Dilantik

Ketwil PII Malut, Dr. Kusnul Pangeran | Foto : Ist?Kaidahmalut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Ketua Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Provinsi Maluku Utara (Malut), Dr. Kusnul Pangeran, resmi Melantik Pengurus PII Cabang Halmahera Barat (Halbar) masa bakti 2021-2024, di aula Bidadari Halbar, Rabu, 29 Juni 2022.

Tema yang diusung pada pelntikan tersebut, yakni “Kesiapan Insinyur Profesional Dalam Menyongsong Program Pemerintah Daerah yang Berkelanjutan”. Pada pelatikan tersebut, Ir. Fharis Hi. Abdulbar resmi dilantik sebagai Ketua PII, Rosdiana Hasan sebagai Bendahara, dan Ikram Awam sebagai Sekretaris.

Ketua PII Cabang Halbar, Ir. Fharis Hi. Abdulbar dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab Halbar harus dapat mengambil peran pembinaan terhadap para ASN di lingkup Pemda Halbar, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran.

”Kami tentu berharap Pemda, dapat mengalokasikan biaya untuk para pengurus dan anggota PII cabang Halbar sehingga dapat mengambil profesi insyinyur, minimal 10 orang per tahun, sehingga disaatnya tiba Pemda Halbar siap,” ungkap Fharis.

“Organisasi PII merupakan wadah yang bersinergi dengan insinyur se-Indonesia, mengembangkan kompetensi keinsinyuran yang memiliki peran strategis pada masyarakat, dan juga memberikan kontribusi nyata pada pembangunan nasional dan tentu pembangunan daerah,” sambung Fharis.

Sementara Bupati Halbar, James Uang yang juga hadir pada pelantikan tersebut mengatakan, dengan gencarnya pembangunan infrastruktur di daerah, tentu sangat dibutuhkan dukungan SDM yang berkompeten, terutama dari kalangan insinyur.

”Mengingat karena saat ini Halbar baru berusia 18 tahun, sehingga masih banyak sekali infrastruktur yang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana masyarakat seperti jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya yang membutuhkan dukungan insinyur,” harap James.

Perencanaan  pembagunan dari bidang infrastruktur, pertanian sampai kemaritiman itu butuh sentuhan dari insinyur. Maka organisasi PII sangat dibutuhkan, sehingga kata dia, harus mengakomodir kebutuhan para insinyur.

”Saya menyambut positif atas keberadaan organisasi PII Halbar. Karena bagi saya, keberadaan PII di daerah ini sangatlah dibutuhkan, guna proses perencanaan pembangunan khususnya di Halbar,” ucap James.

Bagi pengurus PII yang baru dilantik, James berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam perencanaan pembangunan Halbar, karena Pemda mengharapkan ada sinergitas PII cabang Halbar agar mampu mendukung, dan ikut mengawal pembangunan infrastruktur pemerintah yang tersebar di wilayah Kabupaten Halbar,” tutup James.*