Minggu, 10 Desember 2023

Jadi Irup Hardiknas, Wabup Halbar Sampaikan Pesan Mendikbudristek

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhamad saat memimpin upacara Hardiknas tahun 2022 | Foto : Marwan (Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), Djufri Muhamad bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022.

Upacara berlangsung di halaman SMA Negeri 1 Halmahera Barat, Desa Soakonora Kecamatan Jailolo, Jumat, 13 Mei 2022 dengan tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Djufri Muhamad saat membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid, dimasa pandemi yang terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

Dalam sambutan tersebut, Nadiem juga meminta agar anak-anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan, karena asesmen nasional yang sekarang gunakan tidak bertujuan untuk menghukum guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar.

“Semua dilakukan supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolah menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan,” ujarnya Djufri.

Hardiknas selalu diperingati setiap 2 Mei, dimana bertepatan dengan kelahiran Ki Hajar Dewantara. Sayangnya, tahun ini Hardiknas jatuh pada hari Senin lalu yang bertepatan dengan perayaan Hari Idul Fitri. Sehingga seremoni Hardiknas pun diundur pelaksanaanya hingga tanggal 13 Mei 2022.

Usai upacara, orang nomor dua di Pemkab Halbar ini menyerahkan piagam penghargaan kepada SMP Negeri 27 Halmahera Barat, sebagai juara pertama lomba kerapian dan keindahan sekolah bagi seluruh sekolah-sekolah yang ada di Halmahera Barat, dalam rangka memeriahkan peringatan Hardiknas tahun ini.

Sekadar diketahui, selain Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhamad turut hadir pula jajaran Forkopimda serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Halbar dan segenap pengurus PGRI, serta seluruh siswa-siswi yang ada di Halmahera Barat.*