Minggu, 14 Juli 2024

Pemkab Halbar Sumbang 150 Ekor Sapi Kurban

Ilustrasi hewan ternak | Foto : Ist/Kaidahmalut

JAILOLO, MALUT KAIDAH – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, berencana menyumbangkan 150 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Sapi-sapi ini, nantinya akan disembelih dan dibagikan kepada kaum dhuafa.

Bupati Halmahera Barat, James Uang, mengungkapkan, sudah membuat kebijakan dengan menginstruksikan ke seluruh desa, baik Nasrani maupun Muslim di Halbar, untuk menyumbangkan masing-masing 1 ekor Sapi sebagai hewan kurban.

“Pemkab juga sudah mengalokasikan anggaran ke dinas sosial, agar membeli sekitar 10 ekor sapi untuk dibagikan langsung ke masing-masing panitia kurban,” ungkap James, Kamis 15 Juli 2021.

James bilang, bantuan hewan kurban tersebut akan disalurkan ke sejumlah kecamatan yang tersebar di Halbar, di antaranya Kecamatan Jailolo, Jailolo Selatan, Ibu, Sahu dan Kecamatan Sahu Timur. *

“Jadi kurang lebih 150 ekor Sapi tahun ini kita sumbangkan,”ujarnya

Setiap hewan kurban, lanjut James, akan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menguji yang memiliki kelayakan standar hewan kurban tersebut.

“Jadi tidak asal sembelih kemudian diberikan ke yang berhak menerima, tetapi sebelum disembelih harus dilakukan rapid test,”tandas mantan Anggota DPRD Halbar empat periode ini.

Penulis: Tim