Minggu, 14 Juli 2024

Kesbangpol Halbar Gelar Isra Miraj dan Tabligh Akbar

Bupati Halbar, James Uang saat memberikan sambutan pada acara Isra Miraj 1443 H, Senin (7/3) malam tadi | Foto : Marwan/Kaidah Malut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Halmahera Barat (Halbar) memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah dengan melakukan tabligh akbar di lokasi FTJ, Desa Gufasa Kecamatan Jailolo, Halbar, Maluku Utara, Senin 07 Maret 2022.

Tabligh akbar kebangsaan dan Halbar bershalawat ini mengusung tema ‘Merawat Ukhuwah dan Kerukunan Antar Umat Beragama’, yang dirangkaikan dengan perayaan satu tahun kepemimpinan Bupati, James Uang dan Wakil Bupati (Wabup) Halbar, Djufri Muhamad (JUJUR).

Bupati Halbar, James Uang dalam sambutannya mengatakan, peristiwa Isra Miraj merupakan suatu peristiwa penting bagi umat Islam, dimana dalam peristiwa ini Nabi Muhammad SAW menerima petunjuk Illahi, tentang kewajiban melaksanakan shalat lima waktu sehari semalam.

“Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut setiap tahun walaupun dengan anggaran pembangunan yang terbatas, Pemerintah daerah (Pemda) terus memberikan bantuan kepada panitia pembangunan masjid dan musala di berbagai desa dalam wilayah Halbar,” kata James.

James bilang, kebijakan ini sesungguhnya tidak memiliki tujuan lain, namun semata-mata mempunyai tujuan agar kebutuhan umat Islam, tentang pelaksanaan shalat lima waktu agar dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kegiatan keagamaan semacam ini akan menjadi media renungan bagi setiap individu dan umat islam atas hikmah dari peristiwa yang dialami baginda Nabi Muhammad SAW,” imbuhnya.

James juga mengajak kepada seluruh kaum muslimin dan muslimah di Halbar untuk selalu meningkatkan hubungan silaturahmi antar umat beragama.

“Disamping itu meningkatkan budaya toleransi, menjaga sikap saling menghargai dan terus melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan semua pemeluk agama,” tandasnya.