Jumat, 23 Februari 2024

Jalan Menuju Desa Sasur Rusak Parah. Pemkab Halbar Tara Kalesang

Warga Desa Sasur saat demo di depan kantor DPRD Halbar | Foto : Marwan/Malut Kaidah

HALBAR, KAIDAH MALUT – Masyarakat Desa Sasur, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Senin, 29 November 2021 menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Halbar. Mereka mendesak pemerintah agar serius menagani akses jalan menuju Desa Sasur yang rusak parah saat ini.

Kordinator Lapangan aksi unjuk rasa itu, Orden Lasa dalam orasinya mengatakan, akses jalan sangat dibutuhkan masyarakat, selain untuk lalulintas orang, juga untuk distribusi barang. Tapi semuanya terganggu karena akses jalan rusak.

“Saat ini akses jalan sangat rusak, sulit dilewati kendaraan dan warga masyarakat Desa Sasur,” tegasnya.

Dia mengatakan, kondisi jalan menuju Desa Sasur sangat berbahaya untuk dilalui, karena pembangunan jalannya belum maksimal dan mengakibatkan banyak kejadian yang tidak diinginkan.

“Hasil bumi mayarakat Desa Sasur yang akan dibawa ke kota juga sangat susah, karena kondisi jalan yang rusak,” kata dia.

Orden Lasa menjelaskan, warga Desa Sasur yang bepergian melewati jalur itu sering mengalami Kecelakaan dan sering mengakibatkan korban jiwa, para ibu hamil dan warga yang sakit, sangat menderita jika melintasi jalan rusak tersebut.

“Masyarakat sudah berupaya melakukan banyak hal untuk memperbaiki kondisi jalan dan jembatan di wilayah itu. Semuanya diperbaiki secara swadaya. Itu artinya Pemerintah Kabupaten Halbar buta dan tuli terhadap kondisi ini. Pemkab Halbal harus malu, karena masyarakat yang mengambil alih pekerjaan pemerintah,” tegas Orden. *