Minggu, 14 Juli 2024

GMNI Halbar Tuntut Berikan Jaminan Kebebasan kepada Rakyat

Aksi damai GMNI Halbar saat peringati hari sumpah pemuda | Foto : Marwan Mansur/Malut Kaidah

JAILOLO, KAIDAH MALUT – Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI ) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Halbar, Kamis, 28 Oktober 2021.

Pantauan malut.kaidah.id, pagi tadi, aksi yang dikawal ketat aparat kepolisian dan Satpol PP itu, dimulai sekira pukul 09.30 WIT.

Kordinator Aksi GMNI Halbar, Marinus Pangulili mengatakan, aksi unjuk rasa ini dilakukan, kerena bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021.

“GMNI melakukan aksi ini dengan problematika yang terjadi dari skala Nasional sampai dengan skala daerah sehingga kita menyusun tema Marhaenis menggugat,” kata Marinus.

Marinus mengatakan, masalah yang terjadi sehari-hari seperti kekerasan seksual, kebebasan berpendapat, dan kemudian penyalahgunaan kekuasaan.

“Berikan jaminan kebebasan berpendapat dan berserikat kepada masyarakat, tegakkan perturan seadil-adilnya, hapuskan liberalisasi dan komersialisasi,” kata Marinus

Dia bilang kita tetap menjaga esensi perjuangan persatuan bangsa Indonesia lewat hari Sumpah Pemuda.

“Biar semangat perjuangan kaum muda, tak pernah redup untuk mengontrol jalannya orde reformasi,” katanya.

Orator aksi, Adrianus Garera, mengatakan, akhir-akhir ini maraknya pelecehan seksual yang terjadi yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertangggung jawab dan ini perlu dievaluasi oleh pemerintah daerah.

“Dan kami sesalkan, karena nilai-nilai Pancasila hilang begitu saja,” ujarnya. *