Minggu, 14 Juli 2024

Kapal Cepat Beroperasi, Asosiasi Speed Boat Halbar Ancam Boikot Pelabuhan Jailolo

Kapal cepat rute Ternate-Jailolo yang ditolak Asosiasi Speed Boat Halbar | Foto : Istimewa/Malut Kaidah

JAILOLO, KAIDAH MALUT – Puluhan Motoris Yang tergabung dalam Asosiasi Speed Boat Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Rabu, 13 Oktober 2021, mendatangi kantor bupati setempat untuk menolak Armada Kapal Cepat MV TRANS JB yang bakal melayani penumpang rute Jailolo – Ternate.

Ketua Asosiasi Speed Boat Jailolo, Alon di hadapan wartawan mengatakan, isu yang berkembang terkait adanya armada kapal Cepat yang bakal beroperasi rute Jailolo perlu dikaji kembali. Pasalnya, kehadiran kapal tersebut membawa dampak buruk terhadap pendapatan pemilik Speed Boat Jailolo.

“Dulunya, sebelum Kapal Manado masuk, dalam satu bulan kami bisa beroperasi hingga tujuh kali giliran, sekarang ada kapal, hanya sampai empat kali saja,” kata Alon.

Dia yakin, kalau kapal cepat itu beroperasi, diapstikan penghasilan speed boat Jailolo semakin berkurang.

“Padahal, banyak majikan speed boat di Jailolo yang masih terikat kredit pinjaman untuk buat usaha speed itu,” katanya.

Salah seorang motoris senior yang enggan disebut namanya mengancam, jika tuntutan penolakan yang disampaikan oleh Asosiasi Speed Boat tidak diindahkan, dikhawatirkan akan memicu konfik antara motoris dan pihak pengusaha kapal cepat itu

“Kita datang sampaikan secara baik, karena kondisi di lapangan kalau ada kapal cepat, ekonomi kita macet dan kebutuhan rumah tangga kita terganggu. Anak istri juga terkna imbas. Maka kalau kapal cepat itu beroperasi, kita buat kacau,” ancam motoris itu.

Umar yang juga tergabung dalam asosiasi itu juga berharap, pemerintah daerah dapat menerima aspirasi mereka. Umar mengancam akan memboikot aktivitas pelabuhan Jailolo. *