Sabtu, 18 Mei 2024

Bupati Halmahera Barat Buka Bimbingan Manasik Haji

Pembukaan bimbingan mamasik haji Halmahera Barat (Humas/kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang resmi membuka pelaksanaan bimbingan manasik haji, bagi calon jemaah haji Halbar tahun 2024.

Kegiatan manasik haji digelar di ruang aula Bidadari Pemda Halbar, Senin, 29 April 2024.

Dalam sambutannya, James mengatakan, kegiatan manasik haji merupakan suatu rangkaian kegiatan yang perlu dilakukan oleh calon jemaah haji, sebelum berangkat ke tanah suci Mekah, dan sangat penting diikuti jemaah.

“Kegiatan ini sangat penting karena di dalam kegiatan manasik haji tersebut, para calon jemaah haji akan dapat menerima pemahaman mengenai cara pelaksanaan ibadah haji, serta mengetahui pelaksanaan rukun haji lainnya secara benar,” kata James.

Tahun 2024 ini, tercatat sebanyak 76 calon jemaah haji dari Kabupaten Halmahera Barat, yang terdiri dari 48 orang laki-laki dan 28 orang perempuan.

“Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Halbar mengucapkan selamat kepada para calon jemaah haji tahun 2024, dari daerah Halbar yang terpilih oleh Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci,” ungkap James.

Dirinya berharap, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 dapat berjalan baik dan lancar. Dia juga turut mendoakan, agar para calon jemaah haji dalam keadaan sehat dan barokah (nikmat), serta menjadi haji yang mabrur. Tak lupa dirinya juga memohon agar calon jemaah haji juga mendoakan Kabupaten Halbar saat berada di tanah suci nantinya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Malut H. Amar Manaf menyampaikan, bahwa manasik haji perlu diikuti para calon jemaah haji karena bertujuan untuk memberikan pengetahuan, dan pemahaman yang cukup terkait dengan pelaksanaan ibadah.

“Calon jemaah haji harus mengetahui rangkaian ibadah haji, mulai diberangkatkan dari tanah air hingga ke tanah suci dan kembali lagi ke tanah air,” ujarnya.

Ia mengingatkan, bahwa perjalanan haji merupakan panggilan kemanusiaan yang Allah SWT perintahkan untuk calon jemaah haji, untuk menjalankan ibadah haji dan menyaksikan berbagai bukti kemanusiaan sejarah peristiwa, yang dialami para nabi dan rasul.

“Sehingga kesehatan jadi faktor utama ibadah haji. Perjalanan haji merupakan perjalanan yang panjang dan membutuhkan fisik yang kuat, oleh karena itu bapak dan ibu harus menjaga kesehatan mental dan fisik yang kuat,” timpalnya.

“Semoga pelaksanaan ibadah haji kali ini, bisa berjalan lebih baik lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya,” sambungnya.

Sekedar diketahui, Wakil Bupati Djufri Muhammad dan Sekda Halbar M.Syahril Abd Radjak juga ikut menghadiri pembukaan manasik haji. (*)