Kamis, 13 Juni 2024

Pemda Halmahera Barat Berangkatkan Para Tokoh Agama Ikut Wisata Rohani

Pelepasan pendeta ke Yerusalem (Ist/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, melepas belasan pendeta dan imam, untuk mengikuti wisata rohani ke Yerusalem dan Umrah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Para tokoh agama yang berangkat sebanyak 30 orang yang terdiri dari, 15 orang dari Kristen dan 15 dari Islam. Mereka mengunjungi tempat bersejarah bagi agama masing-masing.

Pelepasan rombongan wisata rohani berlangsung di kediaman Bupati Halbar James Uang, Jumat 16 November 2023.

James Uang dalam kesempatan itu mengatakan, keberangkatan rombongan wisata rohani dan umrah merupakan salah satu implementasi program Halbar Religius.

Keberangkatan mereka diakomodir oleh Kepala FKUB Halbar Martinus Djawa.

“Jadi para tokoh agama umat muslim dan pendeta dari agama nasrani dapat memberikan pelayanan keagamaan, serta memperkuat kualitas keimanan masing-masing,” ujar James.

James berharap, setelah melakukan wisata rohani dan umrah, puluhan tokoh agama tersebut, dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, misalnya dalam bentuk pembinaan mental.

Begitu pula, lanjut Jamed, dengan iman yang harus dibangun dengan baik di kalangan masyarakat, sehingga nilai toleransi antar umat tetap terjaga.

Tak hanya memberangkatkan tokoh agama, bentuk implementasi dari program Halbar Religus juga dibuktikan dengan pemberian bantuan untuk pembangunan rumah ibadah, seperti gereja, musala dan masjid.

Bantuan tersebut juga ada yang berupa uang tunai, serta pemberian insentif bagi imam dan pendeta.

“Ini kita lakukan karena pemda memandang penting kepada para imam dan pendeta. Mereka memiliki peran yang strategis dalam membantu pemda Halbar, khususnya bantu dalam bidang pembangunan dan spiritual di masyarakat. Dan ini bentuk dari implementasi Halbar Religus,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Halbar Hasbullah Tahir turut mengapresiasi komitmen Pemkab Halbar atas implementasi nyata dari program Halbar Religus di bawah Pemerintahan JUJUR (James Uang-Djufri Muhamad)

“Ini merupakan salah satu implementasi nyata, di mana setiap tahun para tokoh agama baik muslim maupun nasrani dikirim untuk melaksanakan ibadah di Tanah Suci dan Yerusalem, sesuai keyakinan agama masing-masing,” tukasnya.

Sekadar diketahui, untuk jemaah 15 umroh akan diberangkatkan pada Ahad 19 November 2023. (*)