Jumat, 12 Juli 2024

Balita Penderita Kanker Mata di Halmahera Barat Butuh Uluran Tangan Dermawan

Balita asal Halmahera Barat yang mengidap kanker mata (Ist/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Shasfa Rijal, seorang balita asal Desa Bobanehena, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat yang berusia 5 tahun, harus terbaring di RS Kandou, Manado lantaran penyakit kanker di mata sebelah kanan.

Dokter mendiagnosa Shasfa penderita kanker mata, sejak berusia 3,5 tahun. Namun sayangnya, keluarga balita ini terkendala biaya pengobatan.

Shasfa merupakan putri kedua dari Rijal R Umawaitina dan Sherni A. Muhammad. Pihak keluarga kepada media ini mengaku, sampai saat ini belum ada pihak mana pun yang membantu biaya pengobatam anak mereka, sama halnya dengan pemdes dan Dinkes Halbar. Padahal Bupati James Uang dan Wabup Djufri Muhamad memiliki program prioritas, Halbar Sehat.

Sebelumnya, Shasfa pernah dilakukan operasi pada bulan Januari 2023. Namun, mata Shasfa kembali membengkak.
Lantaran semakin membengkak, keluarga pun mengambil keputusan untuk membawa Shasfa ke RS Kandou Manado.

“Sembilan bulan lalu, matanya sudah pernah dioperasi, namun saat ini matanya kembali bengkak lagi seperti yang pertama kalinya. Bola matanya yang asli juga sudah diangkat, jadi hanya bisa menggunakan bola mata palsu,” terang ibu balita, Sherni.

“Kami berharap ada dermawan yang mau membantu kami,” pintahnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Halmahera Barat, M Kadri ketika dikonfirmasi, mengaku belum mengcover informasi tersebut. Dan mengatakan kadis sedang tidak berada di kantor.

“Kami belum tahu informasi itu, dan saat ini kadis sedang berada di Jailolo Selatan, karena ada kegiatan,” tandasnya. (*)